" Additionally, paste this code immediately after the opening tag: "

Jangan Lengah, Terapkan Pola Hidup Sehat Agar Terhindar dari Penyakit di Masa Pandemi

Sejak awal tahun 2020, masyarakat Indonesia harus melakukan adaptasi besar-besaran untuk menghadapi wabah Covid-19. Banyak orang yang makin sadar manfaat pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Kendati demikian, peningkatan jumlah kasus Covid-19 tak dapat dihindari. Bahkan, Covid-19 varian Delta menyebabkan lonjakan kasus secara signifikan sejak awal Juli 2021. Berdasarkan data yang dilansir dari website Kompas tanggal 18 Juli 2021, Indonesia sempat menjadi negara dengan angka kematian harian akibat Covid-19 tertinggi di dunia hingga menyentuh angka 1.093 orang.

Seiring berjalannya waktu, jumlah kasus Covid-19 mulai menurun pada Agustus 2021. Namun, bukan berarti Moms boleh lengah menjalani pola hidup sehat bersama keluarga. Cara menerapkan pola hidup sehat wajib dilakukan secara konsisten supaya terhindar dari Covid-19 dan wabah penyakit lainnya.


Ancaman Penyakit Lain di Tengah Wabah Covid-19

Sekarang, tujuan pola hidup sehat bukan semata-mata untuk menghindari penyebaran Covid-19. Ada berbagai wabah penyakit lainnya yang patut diwaspadai, terutama ketika musim pancaroba tiba, yaitu:

- Demam Berdarah Dengue (DBD) : penyakit menular yang disebabkan virus pada nyamuk Aedes aegypti. Beberapa gejala demam berdarah, antara lain demam tinggi mendadak, nyeri otot, sakit kepala, muncul bercak-bercak merah pada kulit, mimisan, dan tinja bercampur darah. Penyakit ini dapat berakibat fatal bila tidak mendapatkan penanganan intensif.

- Flu: penyakit ini menyerang keseluruhan sistem pernapasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Tiga jenis virus penyebab flu yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C. Beberapa gejala flu, antara lain demam tinggi, sakit kepala, batuk dan sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan jumlah lendir berlebihan pada hidung dan tenggorokan.

- Diare: gangguan kesehatan ini biasanya disebabkan oleh rotavirus yang terbawa angin dan menempel pada makanan. Moms harus ekstra cermat menyiapkan makanan dan menjaga kesehatan si kecil dan seluruh anggota keluarga agar terhindar dari penyakit ini.

- Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA): ISPA rentan menyerang anak-anak, lansia, dan orang dewasa dengan riwayat penyakit pernapasan. Penularan bisa terjadi ketika orang yang mengidap ISPA batuk atau bersin tanpa menutup mulut dan hidung sehingga virus dan bakteri penyebab ISPA menyebar di udara dan menyebabkan penularan secara masif. Beberapa gejala khas ISPA yang membedakannya dengan penyakit lain, yaitu demam tinggi dan meriang, sakit tenggorokan, kesulitan menelan makanan, batuk, pilek, hidung tersumbat, mata merah, dan nyeri otot.

Perubahan cuaca ekstrem saat musim pancaroba membuat tubuh jadi rentan melemah dan terjangkit penyakit. Jika daya tahan tubuh menurun akibat empat penyakit tersebut, kemungkinan besar seseorang lebih berisiko mengidap Covid-19.


Tips Menjalani Pola Hidup Sehat saat Pandemi

Jangan sampai wabah Covid-19 dan penyakit menular lainnya membuat Moms jadi cemas berlebihan. Moms hanya perlu mengajak keluarga menjalani pola hidup sehat ini supaya kesehatan dan produktivitas selalu terjaga:

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi dengan Porsi Seimbang

Asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang sangat penting untuk menunjang kesehatan. Selain mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, Moms juga harus memperhatikan kandungan gizi makanan untuk seluruh anggota keluarga. Tubuh tak cuma membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein melainkan juga butuh vitamin, mineral, dan serat. Jadi, jangan malas mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk menyempurnakan asupan gizi bagi tubuh. Agar si kecil dan anggota keluarganya selalu berselera makan, Moms mesti lebih kreatif mencari resep-resep makanan terbaru yang lezat dan kandungan gizinya seimbang.

  1. Minum Air Putih Minimal 2 Liter Per Hari

Selain makanan bergizi, asupan air yang cukup juga penting untuk mendukung metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Moms sekeluarga patut mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi serta penyakit lainnya. Jika Moms, si kecil, atau anggota keluarga lainnya termasuk orang yang sering lupa minum, jangan ragu membawa botol minum pribadi berisi air putih ketika beraktivitas di rumah maupun di luar rumah.

  1. Menyiapkan Waktu Istirahat yang Cukup

Sesibuk apa pun rutinitas harian, tubuh tetap butuh waktu tidur yang cukup setiap hari. Ketika tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel dan memberikan jeda pada organ untuk beristirahat.  Jadi, usahakan untuk memiliki waktu tidur minimal tujuh jam setiap hari. Kurang tidur bukan hanya berisiko menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa membuat siapa pun mengalami bad mood, kurang konsentrasi, dan meningkatkan nafsu makan secara berlebihan.

Bila Moms sekeluarga mengalami kurang tidur dalam jangka panjang, daya tahan tubuh jadi menurun dan gampang terjangkit penyakit menular. Di samping itu, metabolisme tubuh akan terganggu dan rentan mengidap penyakit kronis serta berbagai komplikasinya.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Rutinitas olahraga juga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang tak boleh luput dari perhatian Moms. Di masa pandemi ini, sebaiknya Moms sekeluarga meminimalkan aktivitas olahraga di luar rumah. Sebagai gantinya, Moms bisa mengajak keluarga melakukan aktivitas olahraga #DiRumahAja.

Ada berbagai jenis olahraga menarik yang dapat dilakukan di rumah, misalnya senam lantai, zumba, yoga, pilates, dan angkat beban. Luangkan waktu secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk berolahraga agar seluruh anggota keluarga senantiasa bugar dan produktif. Kalaupun Moms sekeluarga ingin berolahraga di luar rumah, jangan lupa menaati protokol kesehatan supaya terhindar dari risiko penularan Covid-19.

  1. Mencuci Tangan pada Waktu yang Tepat

Kebiasaan mencuci tangan juga termasuk pola hidup sehat yang penting bagi seluruh kalangan usia. Mikroorganisme dan kotoran yang menempel di tangan dapat menjadi media penyebaran penyakit. Oleh karena itu, Moms harus menyiapkan sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik agar kondisi tangan benar-benar bersih. Enam waktu tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

- Sebelum dan sesudah makan.

- Setelah menggunakan toilet.

- Saat mandi.

- Setelah bersin atau batuk.

- Setelah menggunakan gadget, laptop, atau barang elektronik lainnya.

- Usai beraktivitas di luar rumah dan menggunakan fasilitas umum.

  1. Mandi Dua Kali Sehari

Selain cuci tangan, mandi dua kali sehari juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya Moms sekeluarga selalu bergegas mandi dan berganti pakaian setelah beraktivitas di luar rumah. Mandi dengan sabun antiseptik dapat membasmi mikroorganisme penyebab penyakit yang menempel pada permukaan kulit. Tak hanya merasa segar usai mandi, tubuh akan kembali higienis dan terhindar dari penyakit menular.

Berdasarkan hasil riset yang diterbitkan PLoS One tahun 2018, mandi air dingin terbukti efektif membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Bahkan, air dingin juga membuat proses penyembuhan penyakit menjadi jauh lebih cepat daripada air panas. Hasil riset tersebut turut didukung pernyataan World Health Organization (WHO) bahwa mandi air hangat tak dapat menangkal penyebaran Covid-19. Jadi, sebaiknya Moms dan keluarga selalu mandi dengan air dingin agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan tahan terhadap serangan Covid-19.

  1. Menaati Protokol Kesehatan Ketika Beraktivitas

Demi mencapai tujuan pola hidup sehat, Moms dan keluarga juga harus menaati beberapa protokol kesehatan berikut ini ketika beraktivitas:

- Menunda aktivitas di luar rumah saat merasa kurang sehat.

- Membawa dan menggunakan masker sesuai standar WHO, hand sanitizer, dan tisu basah yang mengandung antiseptik, khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa pula membawa masker cadangan ketika bepergian agar bisa lekas mengganti masker yang sobek, kotor, atau basah.

- Meminimalkan kegiatan di tempat yang terlalu ramai, misalnya pasar tradisional, terminal, stasiun commuter line, dan supermarket. Fasilitas umum yang terlalu ramai bisa memperbesar risiko penyebaran Covid-19.

- Menjaga jarak dengan orang lain (minimal 1 hingga 2 meter) dan mengurangi kontak fisik (physical distancing) selama beraktivitas di luar rumah.

- Membersihkan barang-barang pribadi menggunakan cairan disinfektan setelah keluar rumah,  misalnya smartphone, tas, dan dompet.

- Mengutamakan sistem pembayaran cashless dengan QR code atau kartu. Penggunaan uang fisik bisa menjadi media penularan Covid-19 karena berpindah dari satu orang ke orang lain.

- Membawa bekal makanan dari rumah karena kehigienisan dan kandungan gizinya lebih terjamin.

  1. Mengelola Stres Secara Bijak dan Selalu Berpikir Positif

Stres berkepanjangan ternyata rentan menurunkan daya tahan tubuh sehingga membuat Moms sekeluarga gampang sakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Moms harus mahir mengelola stres dan selalu berpikir positif. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari stres sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh, yaitu:

- Menjauh atau mengatasi penyebab stres agar pikiran dan hati merasa lega.

- Melakukan hobi atau meluangkan me time agar lebih bahagia.

- Meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama keluarga agar selalu harmonis.

- Memutuskan untuk rehat atau cuti kalau sudah merasakan kelelahan kerja berlebihan.

- Berbagi cerita dengan orang-orang terdekat yang dapat dipercaya tentang masalah yang sedang dihadapi, misalnya keluarga dan sahabat.

  1. Menghentikan Berbagai Kebiasaan Buruk

Jangan menganggap remeh kebiasaan buruk yang sering Moms atau anggota keluarga lakukan demi kesenangan sesaat. Kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus dapat mengganggu daya tahan tubuh dan membuat setiap orang jadi gampang sakit. Beberapa kebiasaan buruk yang patut dihentikan demi memaksimalkan pola hidup sehat yaitu:

- Konsumsi alkohol, rokok, dan junk food.

- Malas atau tidak suka makanan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan.

- Begadang atau lembur kerja hingga larut malam.

- Malas membersihkan tubuh usai beraktivitas di luar rumah.

- Gaya hidup minim gerak (sedentari) dan malas berolahraga.

- Mengabaikan protokol kesehatan saat beraktivitas.

  1. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Cara menerapkan pola hidup sehat bukan sekadar soal menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga lho, Moms. Mulai sekarang, Moms juga harus mengajak seluruh anggota keluarga membersihkan rumah secara rutin untuk membasmi mikroorganisme penyebab penyakit. Lakukan beberapa hal berikut ini agar rumah senantiasa bersih maksimal:

- Memastikan bahwa kondisi interior rumah bebas lembap, sirkulasi udaranya lancar, dan terkena pancaran sinar matahari setiap hari.

- Membersihkan bagian rumah yang rentan kotor secara telaten, yaitu dapur dan kamar mandi.

- Menjaga kebersihan bagian rumah yang sulit dijangkau secara rutin (minimal seminggu sekali), misalnya bagian bawah kasur, kolong lemari, sela-sela jendela, dan sudut ruangan.

- Menggunakan produk pembersih ruangan (pembersih lantai, karbol, dan pembersih kaca) yang mengandung bahan antiseptik.

  1. Mengonsumsi Suplemen Herbal Secara Rutin

Konsumsi makanan bergizi saja sering kali belum cukup untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya Moms wajib mengajak keluarga mengonsumsi suplemen herbal secara rutin agar kesehatan senantiasa terjaga. Memilih suplemen herbal tentu tak boleh sembarangan. Pastikan bahwa Moms memilih suplemen herbal yang aman sesuai standar yang ditentukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), lolos uji praklinis dan klinis, serta memenuhi standar bahan baku berkualitas.

Moms bisa mengandalkan STIMUNO untuk mendukung pola hidup sehat keluarga. STIMUNO adalah produk herbal fitofarmaka yang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit, dan mempercepat penyembuhan.

STIMUNO memiliki beberapa pilihan dan varian yang dapat dikonsumsi semua anggota keluarga, yaitu STIMUNO Sirup untuk anak usia 1 tahun ke atas, serta STIMUNO Forte untuk dewasa.

STIMUNO aman diberikan kepada si kecil secara teratur agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit menular akibat mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Mengonsumsi STIMUNO setiap hari akan melindungi si kecil dan seluruh anggota keluarga agar senantiasa sehat.

Setelah mengetahui manfaat pola hidup sehat, Moms pasti makin terinspirasi menjalaninya secara konsisten. Mari menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dengan cara-cara sederhana mulai hari ini.

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami