7 Rekomendasi Kegiatan Edukatif Anak di Rumah Selama Pandemi

Anak-anak biasanya mudah bosan saat beraktivitas di rumah, apalagi pandemi membuat anak-anak mesti membatasi kegiatan di luar rumah. Kegiatan di rumah yang menonton akan membuat Si Kecil jadi jenuh, rewel, bahkan mengalami tantrum. Oleh sebab itu, Moms harus kreatif menyiasati kegiatan anak di rumah supaya buah hati Moms tetap ceria dan tumbuh kembangnya berlangsung maksimal. Rasa bosan Si Kecil dapat diatasi dengan melakukan 7 kegiatan edukatif berikut ini:


1. Bermain Board Game

Jangan mengabaikan manfaat board game untuk anak-anak ya, Moms. Bermain board games adalah kegiatan di rumah selama pandemi yang seru dan mengandung banyak manfaat. Aktivitas ini akan mengasah kemampuan berpikir si kecil, melatih motorik halus, dan meningkatkan interaksi dengan anggota keluarga lainnya. Jadi, Moms tak perlu ragu menyiapkan aneka board games seru seperti ular tangga, monopoli, halma, ludo, catur, dan scrabble.

2. Memasak

Kalau Si Kecil menunjukkan ketertarikan terhadap dunia kuliner, Moms bisa mengajaknya turut dalam kegiatan memasak di rumah. Kegiatan anak di rumah yang satu ini sangat baik untuk mengembangkan kreativitas dan minat buah hati Moms.

Cobalah membuat resep-resep sederhana yang disukai Si Kecil, misalnya sup buah, omelet, sandwich, pancake, atau nasi goreng. Mintalah Si Kecil membantu hal-hal yang mudah seperti mencuci sayuran, mengelap piring, memasukkan bumbu, atau mengaduk adonan kue.

3. Mengubah Dekorasi Kamar Tidur dengan Teknik DIY

Aktivitas Do It Yourself (DIY) sangat efektif untuk menyibukkan anak-anak sehingga tak gampang bosan saat berada di rumah. Moms bisa memulainya dengan mencari referensi interior kamar tidur anak di media sosial. Kemudian, ajaklah Si Kecil mewujudkan desain kamar tidur impian dengan melakukan DIY, misalnya mengecat dinding kamar, mengubah letak barang-barang, dan memasang pajangan baru buatan anak.

4. Berkebun

Salah satu kegiatan di rumah selama pandemi yang digemari semua kalangan usia adalah berkebun. Si Kecil yang aktif bergerak bisa menyalurkan energi secara positif bila ikut berkebun bersama Moms. Nanti, Moms dapat meminta bantuan Si Kecil untuk mengisi dan memindahkan pot, membersihkan rumput, dan menyiram tanaman. Di samping itu, aktivitas berkebun juga membuat Si Kecil belajar banyak hal mengenai jenis tanaman dan cara bercocok tanam yang benar.

5. Membacakan Dongeng

Sejak usia 2 tahun, anak-anak biasanya suka mendengarkan dongeng yang dibacakan orang lain. Jadi, Moms harus meluangkan waktu setiap hari untuk membacakan dongeng bagi Si Kecil. Mendengarkan dongeng dapat membantu mengembangkan imajinasi serta kemampuan menyimak dan berbicara anak. Kegiatan anak di rumah yang satu ini juga merupakan awal yang baik untuk mengenalkan anak pada huruf dan angka.

6. Membaca Buku

Jika buah hati Moms sudah mengenal huruf dan angka, maka Moms harus lebih gencar meningkatkan minat bacanya. Jangan ragu membelikan banyak buku supaya Si Kecil terbiasa membaca sejak dini. Moms dapat memulainya dari buku-buku bergambar yang ilustrasinya menarik dan penuh warna. Selanjutnya, Moms bisa menyediakan buku-buku yang disertai tulisan supaya kemampuan membaca buah hati semakin lancar.

7. Belajar Memainkan Alat Musik

Satu kegiatan lagi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak adalah belajar memainkan alat musik. Aktivitas ini ampuh meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Si Kecil serta memicu sensitivitasnya terhadap musik. Bermain alat musik juga dapat melatih ketekunan dan kreativitas karena buah hati Moms harus berusaha dengan giat jika ingin memainkan sebuah lagu dengan benar.

 ***

Selain menyiapkan berbagai kegiatan anak di rumah yang bermanfaat, Moms juga harus memperhatikan asupan gizi bagi buah hati agar daya tahan tubuhnya terjaga. Sekarang, ada STIMUNO sirup yang dapat menyempurnakan asupan gizi yang diperoleh buah hati Moms dari makanan.

STIMUNO adalah produk herbal fitofarmaka yang terbukti bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit, dan mempercepat penyembuhan. Moms dapat memberikan STIMUNO kepada Si Kecil secara teratur agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan terhindar dari risiko penyakit menular akibat mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Manfaat STIMUNO sirup dan beragam kegiatan edukatif yang seru akan membuat Si Kecil tak mudah bosan dan selalu nyaman beraktivitas di rumah.

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami