3 Tips Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah Tatap Muka

Data vaksinasi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan peningkatan signifikan sejak pertengahan tahun 2021, termasuk di kalangan anak usia sekolah. Pemerintah terus berupaya memperluas penyebaran vaksin melalui acara vaksinasi massal agar semakin banyak masyarakat yang mendapat vaksin. Berdasarkan Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Agustus 2021, sebanyak 36% anak sekolah usia 12 hingga 17 tahun sudah memperoleh vaksin. Kegiatan vaksinasi anak terus dilakukan secara gencar sebagai salah satu persiapan sekolah tatap muka.

Rencana sekolah tatap muka semakin mantap direalisasikan karena tingkat penyebaran Covid-19 di tanah air semakin menurun. Hal tersebut dibuktikan melalui jumlah kasus harian yang berkurang drastis terhitung hingga September 2021 dan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit maupun rumah sakit darurat (disebut Bed Occupancy Rate atau BOR) berkisar di angka 11%. Mulai sekarang, tentu saja Moms harus membantu si kecil mempersiapkan diri menghadapi momen sekolah tatap muka. Beberapa tips sekolah tatap muka berikut ini harus dipraktikkan supaya buah hati Moms selalu sehat, ceria, dan cerdas saat masuk sekolah nanti:


Mengingatkan Si Kecil untuk Menjaga Kebersihan Diri Sendiri

Persiapan sekolah tatap muka yang paling penting adalah mengingatkan si kecil untuk menjaga kebersihan diri sendiri melalui beberapa hal berikut ini:

● Mengajak si kecil menggunakan masker sesuai standar World Health Organization (WHO) sejak berangkat sekolah. Jangan lupa pula membekali si buah hati dengan beberapa masker cadangan agar si kecil bisa mengganti masker yang sudah basah atau kotor.

● Membiasakan buah hati Moms untuk mencuci tangan secara rutin di rumah sehingga nantinya si kecil juga terbiasa mencuci tangan di sekolah.

●  Membekali si kecil dengan hand sanitizer dan tisu basah untuk membersihkan tangan.

●  Menjaga jarak dengan guru, teman, atau orang lain yang sedang kurang sehat.


Membantu Si Kecil Belajar Sebelum Mulai Sekolah Tatap Muka

Tak dapat dipungkiri bahwa sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terbilang kurang efektif jika dibandingkan sekolah tatap muka. Itulah sebabnya anak-anak kerap mengalami keterbatasan dan hambatan belajar selama PJJ berlangsung. Oleh sebab itu, Moms mesti meluangkan waktu untuk membantu si kecil belajar sebelum sekolah tatap muka berlangsung. Temani si kecil mengerjakan soal-soal latihan dan bantulah si kecil memahami materi pelajaran yang belum dimengerti. Dengan demikian, si kecil akan lebih bersemangat menjalani sekolah tatap muka karena tidak kesulitan beradaptasi dengan pelajaran yang diterima.


Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian Anak agar Daya Tahan Tubuhnya Terjaga

Satu hal penting lagi yang patut jadi perhatian Moms saat melakukan persiapan sekolah tatap muka adalah kebutuhan gizi harian anak. Lakukan beberapa hal praktis ini untuk memenuhi kebutuhan gizi harian buah hati Moms setiap saat:

●  Menyediakan makanan lezat dan bergizi untuk si kecil. Moms bisa mengandalkan bahan makanan favorit buah hati agar makannya lebih lahap. Jangan lupa pula menyiapkan buah dan susu untuk menyempurnakan asupan gizi anak.

● Menyiapkan bekal sekolah yang terdiri dari makanan bergizi. Membawa bekal sangat baik untuk kesehatan buah hati Moms karena kehigienisan dan nilai gizinya lebih maksimal dibandingkan membeli jajanan.

●  Memberikan suplemen herbal yang bermanfaat dan aman untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

 

Sekarang, Moms tak perlu bingung lagi memilih suplemen yang tepat untuk si kecil karena ada Stimuno Sirup yang siap jadi andalan Moms. Stimuno adalah produk herbal bersertifikasi fitofarmaka yang terbukti aman dan berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungannya terdiri dari komposisi tunggal ekstrak tanaman Meniran yang diformulasi menjadi sirup.

Moms bisa memberikan Stimuno Sirup setiap hari untuk si kecil agar daya tahan tubuhnya optimal dan tak mudah diserang mikroorganisme penyebab penyakit. Yuk, praktikkan beberapa tips sekolah tatap muka ini supaya Moms bisa melihat si kecil kembali ceria saat belajar di sekolah.

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami