5 Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Kesehatan Keluarga

Menjalani kebiasaan baik harus dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Salah satu kebiasaan baik yang tak boleh Moms abaikan adalah olahraga pagi. Jangan sampai malas bangun pagi dijadikan alasan untuk tidak olahraga ya, Moms. Manfaat olahraga pagi sangat baik untuk Moms sekeluarga sehingga wajib dilakukan secara teratur.


Mengapa Olahraga Pagi Lebih Baik daripada Olahraga Malam?

Banyak orang merasa tak sempat olahraga pagi sehingga memilih olahraga malam. Namun, sebenarnya bahaya olahraga malam tak kalah banyak jika dibandingkan manfaat olahraga malam. Kebiasaan berolahraga di malam hari dapat meningkatkan beberapa risiko berikut ini:

●  Meningkatkan risiko bahaya dan cedera bila melakukan olahraga malam hari di luar ruangan, contohnya lari, bersepeda, atau jalan kaki.

●  Menyebabkan gangguan tidur karena detak jantung, suhu tubuh, dan metabolisme tubuh meningkat pasca berolahraga.

●  Mempersulit proses membangun konsistensi dalam berolahraga. Pernyataan tersebut didukung hasil penelitian Obesity Society tahun 2018 yang mengungkapkan bahwa orang-orang yang berolahraga di malam hari lebih sulit membentuk konsistensi dibandingkan orang yang berolahraga pada pagi atau sore hari.

●  Menimbulkan komplikasi penyakit lebih serius bila gangguan tidur terjadi terus-menerus, antara lain tekanan darah tinggi (hipertensi), stres, peningkatan nafsu makan secara berlebihan, dan diabetes.


Berbagai Manfaat Olahraga Pagi Hari

Setelah mengetahui beberapa bahaya olahraga malam, pasti Moms lebih termotivasi mengajak si kecil dan anggota keluarga lainnya untuk olahraga pagi secara rutin. Kebiasaan olahraga pagi membuat Moms sekeluarga bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah studi kesehatan yang dirilis British Journal of Sports Medicine tahun 2019 menyatakan bahwa manfaat olahraga pagi dapat meningkatkan fokus, pembelajaran visual, serta pengambilan keputusan. Manfaat ini tentu sangat baik untuk si kecil karena dapat menunjang kemampuan akademisnya.

Memaksimalkan Fokus Olahraga Tanpa Gangguan Tertentu

Olahraga pagi hari bersama keluarga sangat menyenangkan karena minim gangguan. Artinya, Moms sekeluarga lebih leluasa berolahraga tanpa gangguan notifikasi smartphone, urusan rumah tangga, atau lalu lalang kendaraan bermotor di jalan. Dengan demikian, Moms dan keluarga bisa berolahraga secara leluasa sehingga mood jadi senantiasa baik usai berolahraga.

Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Ada kabar gembira bagi Moms yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Olahraga pagi merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian kesehatan yang menyatakan bahwa olahraga di pagi hari sebelum sarapan membuat proses pembakaran lemak berlangsung lebih maksimal selama 24 jam.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Masalah tidur kurang nyenyak di malam hari juga dapat diatasi dengan aktivitas olahraga pagi. Paparan sinar matahari pagi dapat menstimulasi peningkatan kadar hormon melatonin dalam tubuh pada malam hari. Hormon tersebut akan membuat seseorang jadi lebih mudah mengantuk dan bisa tidur nyenyak.

Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Program penurunan berat badan juga sukses jika didukung olahraga pagi hari karena aktivitas tersebut dapat mengontrol nafsu makan. Sebuah studi kesehatan yang dipublikasikan di Medicine and Science in Sports & Exercise tahun 2012 membahas tentang pengaruh olahraga pagi terhadap nafsu makan. Penelitian dilakukan terhadap 35 responden wanita yang diharuskan berjalan di treadmill pada pagi hari. Hasilnya, para responden menunjukkan respon berlebihan terhadap foto makanan saat tidak berolahraga di pagi hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa manfaat olahraga pagi sangat baik untuk mengontrol nafsu makan.

 ***

Manfaat olahraga pagi harus diimbangi dengan asupan gizi seimbang agar Moms sekeluarga senantiasa sehat dan daya tahan tubuh selalu terjaga. Selain mengonsumsi makanan bergizi setiap  hari, konsumsi suplemen juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Kini, ada Stimuno yang siap membantu Moms menjaga daya tahan tubuh keluarga.

Stimuno adalah produk herbal fitofarmaka yang sudah teruji khasiatnya pada manusia dan sudah terstandarisasi. Moms sekeluarga harus mengonsumsi produk Stimuno setiap  hari untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit, dan mempercepat proses penyembuhan.

Ada tiga varian produk Stimuno yang bisa Moms pilih berdasarkan kebutuhan, yaitu Stimuno Forte, Stimuno Syrup, dan Stimuno Syrup Stick Pack untuk setiap anggota keluarga. Kebiasaan olahraga pagi secara teratur dan konsumsi makanan bergizi serta suplemen pasti membuat Moms sekeluarga selalu sehat dan bersemangat.


Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami